Berita

Dosen Kebidanan Fikes Unsika Memberikan Penyuluhan Prokes kepada Masyarakat.

Penyuluhan Prokes Kepada Masyarakat

Pandemi Covid-19 telah terjadi selama 2 tahun, telah banyak korban dari anak-anak hingga dewasa bahkan lansia. Selama itu pula kita berusaha untuk bangkit dari keterpurukan, karena pandemi ini telah merusak berbagai macam sektor.  Baik sektor Ekonomi, pendidikan, social dan yang utama adalah sektor kesehatan.

Hal ini menjadi PR dan tugas bersama untuk dapat terus bertahan demi melanjutkan kehidupan yang lebih baik di tengah pandei Covid-19 yang entah kapan akan berakhir. Berbagai upaya telah dilakukan diantaranya memberikan edukasi pencegahan penularan virus hingga pemberian vaksinasi kepada seluruh masyarakat.

Tugas tersebut bukan hanya tugas yang harus dikerjakan oleh para tenaga kesehatan yang bekerja di lapangan, namun sektor pendidikan dalam hal ini juga memiliki peran trategis didalamnya. Degan tugas wajibnya sebagai pendidik, dosen memili peran lain yaitu sebagai pengabdi masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat tentu saja hal yang paling utma adalah kegiatan yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Seperti kegiatan yang dilakukan oelh salah sau dosen Prodi Kebidanan Fikes Unsika, yang membuat agenda untuk memberikan penyuluhan langsung ke masyarakat di Desa Puseurjaya yang secara geografis, Unsika merupakan Perguruan Tinggi yang berada di desa Puseurjaya. Penyuluhan terkait dengan pentingnya vaksinasi Covid-19, serta yang tetap harus disampaikan kepada masyarakat yaitu Protokol Kesehatan (Prokes) yang sebenarnya telah sejak awal pandemi di sosialisasikan. Namun seiring dengan lamanya pandemi ini berlangsung, tidak sedikit masyarakat yang mulai mengabaikan prokes.

Oleh karena itu sebagai tenaga pendidik sekaligus praktisi Kesehatan yaitu bidan, Irma Yanti, S.Si.T., M.KM bersama tim dosen lainnya yaitu Rina Marlina, S.SI.T., M.KM dan mahasiswa secara berkala melakukan edukasi kepada masyarakat, dengan berbagai metode Promosi Kesehatan berbasis teknologi tepat guna. Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyuluhan di posyandu, di pengajian, di komunitas warga, serta sekolah-sekolah serta memberikan edukasi berupa informasi dengan membagikan akses ataupun link media online  yang berisi berbagai macam informasi terkait kesehatan.

Pihak Pemerintahan Desa Puseurjaya menyambut baik kegiatan ini, dan sepakat untuk dapat terus  berkolaborasi mengagendakan program-program selanjutnya untuk bersama memajukan, mensejahterakan serta memampukan masyarakat Desa Puseurjaya khususnya dibidang kesehatan. Namun tidak sampai disitu saja, inisiasi yang telah dilaukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan ini semoga dapat meluas dengan kerjasama antara Desa Puserjaya dan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Leave A Comment