Berita

Dosen Kebidanan Unsika dan Mahasiswa  memberikan informasi akses penggunakan Aplikasi Telekonsultasi Kesehatan “Tanya Saja”  yang dibangun pada kegiatan KKN di Desa Puseurjaya

Dosen selaku Civitas Akademika memiliki tugas utama yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh dosen setiap tahunnya.

Irma Yanti, S.Si.T., M.Kes adalah seorang dosen dengan latar belakang profesi sebagai bidan yang tentu saja wajib melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi tersebut. Beliau beserta tim dosen lainnya yaitu Lilis Suryani, S.Si.T., M.KM., (Dosen Kebidanan Unsika) Hannie, S.Kom., MMSI ( Dosen Sistem Informasi Unsika), serta Leni Suhartini, SST., M.Kes ( Dosen Akbid Gatot Subroto) membangun sebuah aplikasi telekonsultasi kesehatan berbasis android yaitu “Tanya Saja”.

Aplikasi ini dibangun dilatar belakangi oleh situasi pandemi yang membatasi masyarakat untuk  beraktivitas, sehingga akses untuk mendapatkan informasi maupun layanan kesehatanpun terbatas. Sehingga harapannya dengan adanya aplikasi ini masyarakat dapat berkomunikasi serta berkonsultasi mengenai kesehatan khususnya bagi kesehatan ibu dan anak secara mudah,murah dan terpercaya.

Aplikasi ini telah diluncurkan pada saat kegiatan penutupan KKN Unsika 2021 serta telah disosialisasikan mengenai pengunduhan serta pemanfaatannya kepada masyarakat pada acara minggon desa di aula Kantor Desa Puseurjaya dihadiri perwakilan aparat dusun serta Desa yang diharapkan dapat mendesiminasikan serta menjelaskan penggunaan apliasi tersebut ke masyarakat.

Dengan kegiatan ini Irma Yanti, S.Si.T., M.Kes mengatakan “Semoga aplikasi telekonsultasi berbasis android yang dinamakan “Tanya Saja” ini dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat, serta hal ini dapat menjadi bentuk perwujudan  sinergi dari bidang pendidikan, kesehatan serta pemerintahan untuk saling mendukung demi kesejahteraan kesehatan masyarakat”.

Leave A Comment