Berita

Prodi Kebidanan Unsika bersibergi bersama Desa Puseurjaya Mewujudkan masyarakat sehat dengan membangun Media informasi berorientasi edukasi kesehatan

Kesehatan merupakan unsur penting dalam sebuah peradaban manusia. Kesehatan juga merupakan salah satu indikator dari kesejahteraan masyarakat. Sehingga penting bagi Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang yang merupakan lembaga pendidikan kesehatan berperan kongkrit dalam mewujudkan masyarakat yang tahu, mau dan mampu secara mandiri untuk hidup sehat.

Program studi Univeristas Singaperbangsa Karawang telah bermitra dengan Puskesmas Telukjambe dengan cakupan wilayah Kecamatan Telukjambe Timur serta secara khusus berkegiatan di Desa Puseurjaya untuk bersama berkomitmen membangun ekosistem kesehatan melalui edukasi kepada masyarakat. Berbagai kegiatan telah dilakukan diantaranya melaksanakan pelayanan kesehatan di posyandu yang melibatkan bidan, mahasiswa kebidanan serta tenaga kesehatan lainnya. Kemudian pelaksanaan penyuluhan yang dilaksanakan secara bekesinambungan kepada seluruh elemen masyarakat.

Kegiatan pemberian edukasi kesehatan menjadi fokus Program Studi Kebidanan dalam upaya Promosi Kesehatan Kebidanan berbagis teknologi tepat guna. Dosen kebidanan yang tergabung dalam sebuah tim merancang dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan membangun media informasi sebagai upaya promosi kesehatan dalam peningkatan kesadaran hidup sehat di masa pandemic Covid-19.

Dengan kegiatan tersebut para dosen fokus untuk mendisign dan membangun media edukasi kesehatan berorientasi teknologi tepat guna yang mudah diakses oleh masyarakat, sehingga diharapkan  masyarakat mendapatkan informasi kesehatan kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu tim dosen Prodi Kebidanan Unsika berkolaborasi dengan dosen dan tim ahli informatika membangun sebuah website desa yang didalamnya terdapat berbagai informasi khususnya kesehatan seperti informasi kesehatan terkini dan edukasi kesehtaan berupa, poster-poster, video edukasi kesehatan,  artikel-artikel dan  link informasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Website Desa Puseurjaya. https://puseurjaya.sideka.id/

Pembangunan website ini, tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya peran dan dukungan dari pemerintah desa, karena setelah website ini didirikan langkah penting selanjutnya adalah sosialisasi dan pelatihan manajemen serta penggunaan website. Website ini diharapkan dapat terus dikelola dengan baik oleh desa sehingga dapat berkembang dan dirasakan kebermanfaatannya bukan hanya untuk pemerintah desa namun lebih luas yaitu bagi seluruh masyarakat Desa Puseurjaya, Kecamatan telukjambe Kabupaten Karawang.

Leave A Comment